Breaking News

Mau Hidup Sehat ? Penuhi Gizi Seimbang dan Kurangi 3 Bahan Makanan Ini

Kepala Seksi Sub Kordinasi Gizi Lombok Timur, Wahyuni Kunayarti.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Sudah tahukah kalian ? Ternyata menjaga pola makan dengan gizi seimbang sangat penting lo, terlebih selama Bulan Suci Ramadhan, mau tahu seperti apa ? Ini penjelasannya.

Kepala Dinas Kesehatan Lombok Timur (Dikes Lotim) melalui Kepala Seksi Sub Koordinasi Gizi Lombok Timur (Lotim) Wahyuni Kunayarti menjelaskan menjaga pola makan disertai dengan gizi seimbangan sangat mempengaruhi kesehatan terutama saat menjalankan ibadah puasa.

Berikut beberapa penyakit yang akan diderita seseorang jika tidak menjaga gizi seimbang muali dari anak-anak, orang dewasa, hingga bagi orang tua.

"Bagi seorang bayi hingga mencapai umur 2 tahun, itu pemenuhan gizi seimbangnya harus terpenuhi, kalau tidak maka kemungkinan akan tergolong anak yang Stunting," jelasnya.

Sedangkan untuk orang yang tergolong remaja lanjutnya jika tidak di sertai dengan gizi yang seimbang akan menderita anemia, kurang berkonsentrasi dalam belajar dan mudah sakit.

Sedangkan efek yang akan diderita bagi orang tua lansia adalah akan lebih rentan terkena penyakit, seperti sakit jantung, Hipertensi, kolestrol dan gula darah, namun semua itu bisa dicegah dengan menjaga pola makan, memperhatikan kecukupan gizi seimbang, dan olahraga yang cukup.

"Bagi semua orang mulai dari anak-anak, remaja sampai orang tua yang sudah lansia sebisa mungkin mengurangi konsumsi gula, garam, dan yang berlemak-lemak, dan diusahakan agar memperhatikan cakupan gizi seimbang sesuai dengan isi piringku," tutup Wahyuni. (pan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia