Breaking News

Event Roah 1001 "Tebolak Beak" Ajang Silaturahmi Sambut Ramadan

Masyarakat Desa Gelanggang, Sakra Selatan Saat melaksanakan Event Tahunan.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Masyarakat  3 Desa, yakni Desa Gelanggang, Sakra Selatan dan  Lepak, melaksanakan event tahunan  yakni  1001 tebolak beak,untuk menyambut bulan suci Ramadhan, dan mendoakan keluarga yang telah meninggal.

Acara ini di adakan di pekuburan umum Batu Ngereng Gelanggang Buwuh Desa Gelanggang Kec. Sakra Timur, 19/03/2023.

Sirhan selaku ketua panita acara roah 1001 tembolak beak menjelaskan makna yang terkandung dalam acara roah 1001 tembolak beak. Dimana makna yang terkandung di dalamnya seperti nilai kearifan lokal,  nilai silaturahmi.

"Makna yang terkandung dalam roah 1001 tebolak beak, pertama kita mengangkat kearifan lokal yakni tebolak beaknya, kedua nilai silaturahmi, jarang masyarakat seperti ini kalau tidak di gelar event roah seperti ini," ujarnya.

Selain itu, ada juga nilai kebersamaan, kekeluargaan, yakni begibung, dimana menikmati isi tebolak bersama-sama tidak mengenal status sosial, pangkat atau jabatan, tutupnya.

"yang ketiga begibung kebersamaan tidak mengenal status sosial, tidak mengenal pangkat jabatan dan sebagainya, yang penting kita sama makan apa yang ada di dalam tebolak, nilai kebersamaan kekeluargaan," ungkapnya.

Iswan Rahmadi selaku dinas pariwisata Lombok Timur, menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bagus untuk di jadikan sebuah event, karena keunikannya dengan tampilan dulang yang berbaris.

"Kalau di lihat-lihat kegiatan ini sangat bagus, untuk di jadikan event yang sangat menarik, karena penampilan dulang ini sangat unik, pertama event itu di nilai uniknya, unik dengan penampilan dulang yang berbaris," Jelasnya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada kaum Ibu, yang telah menyajikan 1001 isian tebolak beak, dan tidak lupa untuk menyampaikan harapan terkait kegiatan 1001 tebolak beak.

" kemudian Inak Amak, terutama kaum Ibu kita luar biasa, dengan penuh semangat memasak untuk isian dulang, terima kasih ibu-ibu inilah kehebatan ibu-ibu kita, bisa menyajikan 1001 dulang," lanjutnya.

"Saya berharap   kekayaan nilai  yg ada mari kita kemas dengan baik, kita rawat dengan bagus, menjadi modal kita membangun desa kita ini," Tutupnya. (Rahma)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia