Breaking News
Live
wb_sunny

SUKIMAN : KECIMOL Terus Berkembang dan Sejalan Dengan Nilai Religiusitas Masyarakat

SUKIMAN : KECIMOL Terus Berkembang dan Sejalan Dengan Nilai Religiusitas Masyarakat

Bupati Lombok Timur, H.M. Sukiman Azmy MM.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Dalam rangka ulang tahun Asosiasi Kecimol NTB (AK NTB) yang pertama yang diadakan festival kecimol dengan tema, Melalui Festival Kecimol Kita "Revitalisasi Tata Cara Berkecimol Sesuai Dengan Standar Norma Suku Sasak".

Festival tersebut dibuka langaung oleh Bupati Lombok Timur (Lotim) H. M Sukiman Azmy, dan akan dijadwalkan berlangsung selama dua hari kedepan yaitu dari tanggal 25 sampai tanggal 26 Januari.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada AK NTB yang berhasil melaksanakan kegiatan ini dan mengumpulkan seratus grup Kecimol, yang diakuinya bukanlah pekerjaan mudah, apalagi mengingat jumlah anggota setiap grup mencapai puluhan orang.

"Izinkan saya menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada ketua dan panitia penyelenggara yang telah berhasil menyelenggarakan acara ini, dan selamat datang kepada para peseta Festival yang jumlahnya 50 grup," Kata Sukiman. Rabu, (25/01/2023)

Bupati juga menyampaikan pandangannya terhadap kecimol yang diharapkan dapat berkembang sebagai kesenian yang tidak berbenturan dengan nilai religiusitas masyarakat Lombok, dan hadirnya Festival itu menjadi bagian dari upaya pembinaan yang dilakukan Pemda bersama asosiasi untuk mengeliminasi dan mendorong kecimol ke arah yang lebih baik.

"Karena itulah kita hadir di sini, untuk membina mereka agar dapat menjadi organisasi kesenian."

Harapan Bupati Sukiman itu sejalan pula dengan target Ketua Umum DPP AK NTB Suhardi yang diungkap dalam laporannya, Ia menegaskan bahwa kecimol saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana Kecimol saat ini lebih mengedepankan nilai dan etika moral serta standar prilaku dan norma yang dimiliki masyarakat sasak.

Terselenggaranya festival kecimol oleh AK NTB, tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah (Pemda), yang telah memberikan fasilitas sehingga bisa terlaksananya kegiatan Festival tersebut dengan lancar.

"Tentu Kecimol yang sekarang jauh lebih rapi, santun dan berdaya kerana daripada Kecimol dulu," kata Suhardi. (BM-rahma)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler