Breaking News

100 Grup Kecimol Meriahkan Festival AK NTB 2023 Di Taman Tugu Selong

Group Kecimol Saat Melakukan Aksi Joget di Lapangan Tugu Selong.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Sebanyak 100 Grup Kecimol dari Asosiasi Kecimol Nusa Tenggara Barat (AK NTB) mengadakan Festival Kecimol 2023 dengan tema "Melalui Kecimol kita Revitalisasi Tata Cara Berkecimol Sesuai Dengan Standar Nama Suku Sasak" yang di adakan di Taman Tugu Selong, Rabu, (25/01/2023).

Dimana acara Festival tersebut melibatkan 100 grup Kecimol dari berbagai kabupaten dan akan mengikuti festival tersebut selama dua hari mulai dari tanggal 25 sampai 26 Januari 2023.

"Peserta terbanyak pada Festival ini yang pertama dari Lombok Timur (Lotim), Lombok Tengah (Loteng), Lombok Barat (Lobar), Kabupaten Lombok Utara (KLU), dan Kabupaten Sumbawa," kata Samsurijal Sekjen AK NTB.

"Kami di AK NTB ini beranggotakan 230 grup, tapi yang terdaftar pada Festival ini ada 100 grup yang akan memeriahkan acara selama Festival ini, tapi hari ini kita jadwalkan 50 grup yang hadir, dan besok 50 grup lagi, kami sengaja membaginya untuk menjaga keamanan dan agar tidak macet," Lanjutnya.

Sedangkan Ketua AK NTB Suhardi mengatakan Festival tersebut merupakan rangkaian dari ultah AK NTB yang perdana dengan melibatkan seluruh anggota agar lebih saling mengenal dan memperkuat silaturahmi antar sesama grup.

"Festival ini merupakan kegiatan perdana bagi AK NTB sekaligus sebagai perayaan Hultah AK NTB sendiri," Jelas Suhardi.

Selain untuk memperkuat silaturahmi antar grup, Festival tersebut juga diniatkan sebagai ajang promosi atau memperkenalkan Kecimol lebih dekat lagi dengan masyarakat.

"Dibeberapa kelompok masyarakat memang ada yang memandang Kecimol itu dari sisi negatif, atas dasar itu kehadiran kami dalam bentuk Festival ini untuk merubah stigma negatif itu," Lanjutnya.

Ditempat yang sama Reza Umami salah seorang pengunjung atau penikmat musik tradisional mengatakan sangat tertarik dan senang dengan adanya festival Kecimol.

"Kami sangat terhibur dengan festival ini, dan harapan kami budaya Kecimol akan terus axis dan semakin di cintai oleh masyarakat khususnya di bumi sasak dan masyarakat Indonesia pada umumnya," kata Reza. (BM-pan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia