Breaking News

Dinkes Lotim Gandeng RSM Provinsi NTB Dan Rumah Sakit Paramita NTB Gelar Operasi Katarak Gratis

Direktir RSPK Bersama Direktur RSM NTB dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Lombok Timur (Lotim) bekerja sama dengan Rumah Sakit Mata (RSM) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) adakan kegiatan bakti sosial operasi Katarak Gratis dalam rangka hari Disabilitas Internasional dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2022.

Kegiatan Operasi Katarak Gratis yang dilakukan di Rumah Sakit Patuh Karya Keruak Lotim tersebut akan menangani 100 orang penyandang katarak dari semua kecamatan yang ada.

"Disini ada 100 mata yang akan kami tangani dan  tanggal 18 besok kita di RSUD Selong dengan jumlah 50 mata lagi," jelas dr. Sriana Wulansari, Direktur Rumah Sakit Mata NTB, Rabu, (14/12/2022).

Sriana Wulansari mengatakan, pihaknya dalam kegiatan itu membawa tiga orang dokter yang akan langung menangani ratusan penderita katarak tersebut.

Lebih lanjut, direktur RSM NTB itu mengatakan bahwa angka kebutaan di NTB di atas angka rata-rata nasional yaitu 3%, sedangkan angka katarak di NTB mencapai 4%, nomor dua terbanyak di indonesia dibawah Jawa Timur dengan angka 4,4%.

"70% kebutaan ini disebabkan karena katarak, sehingga kita fokus di operasi katarak seperti pesannya pak gubernur dan wakilnya dengan harapan bisa menurunkan persentase itu," tutupnya.

Ditempat yang sama, Kadikes Lotim Dr. Pathurrahman mengatakan kegiatan itu merupakan lanjutan dari operasi katarak yang sebelumnya pernah dilakukan pada hari anak nasional di Rumah Sakit Labuan Haji Lotim.

"Kami berterima kasih banyak kepada rekan-rekan yang telah bekerja sama dengan kami yaitu Direkrut Rumah Sakit Mata NTB, Kementerian Sosial, Rumah Sakit Paramita Mataram," katanya.

Karena masih banyak penderita katarak di NTB terutama di Lotim, ia berharap kegiatan ini akan terus ada terlebih penduduk lotim termasuk paling banyak penderita katarak.

"Terima kasih kepada teman-teman yang sudah mendukung kami dalam kegiatan ini, karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kita, yang dulu mereka tidak bisa bekerja sekarang mereka bisa bekerja lagi," lanjutnya. 

(BM- Pan)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia