Breaking News
Live
wb_sunny

Sekda Lotim Sambut Baik Kedatangan Pemkot Banjarmasin Guna Kaji Tiru Bale Mediasi

Sekda Lotim Sambut Baik Kedatangan Pemkot Banjarmasin Guna Kaji Tiru Bale Mediasi

Sekertaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, M. Juaini Taofik Bersama Tamu Dari Kota Banjar Masin.

LOMBOKTIMUR.Bumigoramedia.com - Sekretaris Daerah Lombok Timur H. M Juaini Taofik Menerima rombongan tamu dari Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan di Ruang Rapat Utama (Rupatama) 1 Kantor Bupati Lombok Timur (Lotim) pada Selasa, (29/11/2022).

Kedatangan Rombongan Pejabat dari Kota Banjarmasin tersebut guna melakukan kaji tiru terhadap Bale Mediasi Lombok Timur, dimana pada kunjungan itu dipimpin langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Machli Riyadi dari Pemkot Banjarmasin.

H. M Juaini Taufik pada kesempatan itu mengatakan, salah satu alasan dibentuknya Bale Mediasi adalah banyaknya kasus perdata di daerah ini, Lebih lagi, keberadaan lembaga tersebut sejalan dengan visi Pemda Lotim mewujudkan masyarakat adil, sejahtera, dan aman.

"Prinsip adil, dihadirkan melalui Bale Mediasi sebagai bagian dari pelayanan kepada masyarkat," jelas Sekda Lotim.

Bale Mediasi, lanjut Sekda, berhasil mengurangi konflik dan lebih mengutamakan kekeluargaan dan kearifan lokal sebagai jalan utama, "Lembaga tersebut sebagai upaya menghadirkan keadilan bagi masyarakat miskin dan tidak berbiaya, bukan hanya memediasi konflik ditengah masyarakat saja, ada juga pula antara Pemerintah dengan masyarakat," lanjutnya.

Potret singkat Bale Mediasi yang disampaikan Sekda semakin menarik minat Pemerintah Kota Banjarmasin yang berjanji akan kembali membawa tim yang lebih lengkap seperti DPRD dan aparat penegak hukum seperti Polres dan Kejaksaan.

Sedangkan Machli Riyadi Asisten Bidang Pemerintahan Pemkot Banjarmasin mengatakan keberadaan lembaga seperti bale mediasi bisa menjadi solusi bagi kedua belah pihak saat ada konflik, "Bale Mediasi merupakan cara moderen, dimana penyelesaian konflik menghadirkan rasa perdamaian tanpa ada pihak yang merasa menang atau kalah," kata Riyadi, Asisten Bidang Pemerintahan Pemkot Banjarmasin itu.

Melihat besarnya manfaat dari keberadaan Bale Mediasi itu, pihaknya berkeinginan kuat untuk mereplikasi dan mengembangkan Bale Mediasi yang nantinya akan disebut Rumah Mediasi,  tentu sesuai dengan kondisi dan kearifan masyarakat Banjarmasin.

Ia percaya, bahwa kunjungan yang ia lakukan ke Lotim itu akan memperkaya Rancangan Perda yang merupakan bagian dari Prolegda Banjarmasin.

Mendampingi Sekda pada kesempatan tersebut adalah Ketua Bale Mediasi H. As`ad, Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala Bakesbangpoldagri, Kabag Hukum, serta sejumlah anggota Bale Mediasi. (BM-ma)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler