Breaking News

IDUL ADHA, Masyarakat Masjid Jami' Darussalam Dasan Baru Potong 12 Ekor Sapi

Pengurus Masjid Jami' Darussalam Dasan Baru beserta Panitia Kurban Idul Adha, 1443-H.

LOMBOKTIMUR,Bumigoramedia.com - Berqurban adalah simbol rasa syukur dengan cara berbagi daging qurban pada sesama. Ibadah qurban yang dilakukan umat Islam yakni dengan penyembelihan hewan kurban pada setiap 10 Dzulhijjah. Hewan yang boleh dijadikan untuk kurban adalah unta, sapi, dan kambing atau domba.

Seperti halnya yang dilakukan oleh pengurus Masjid Jami' Darussalam Dasan Baru Desa Bagik Payung Selatan pada hari ini Senin,(11/07/2022) telah melaksanakan kurban sebagai kultur tahunan yang dilakukan pada momen Hari Raya Idul Adha.

Faktanya, ada 12 (Duabelas) ekor sapi yang merupakan salah satu dari upaya pengurus masjid terhadap masyarakat untuk ikut melaksanakan kegiatan kurban. Tentu dengan upaya tersebut masyarakat yang mampu dengan berkelompok untuk iuran dalam pembelian hewan kurban.  

"kurang lebih 3 jam hewan kurban yang jumlahnya 12 ekor itu selesai disemblih oleh petugas. Namun sebelum melakukan penyembelihan, semua sapi di periksa kesehatannya terlebih dahulu oleh pihak kesehatan dari Dinas Peternakan dan kesehatan hewan Kabupaten Lombok Timur," terang Kepala Desa Bagik Payung Selatan, Abdul Manan.

Proses Sebelum Penyembelihan Hewan Kurban.

Disinggung kembali, dana hewan kurban tersebut sebelumnya juga di kumpulkan sejak tiga bulan lalu.  Dengan demikian panitia berhasil membeli 12 ekor hewan kurban yang berupa Sapi.

"Antusias masyarakat semakin tinggi terhadap kultur ini. Kedepan kita harapkan agar lebih banyak lagi. Tahun ini tentu meningkat jumlah hewan kurbannya dari tahun yang lalu dan tahun depan Panitia akan berusaha maksimal agar Masyarakat Masjid Jami' bisa berkurban 20 ekor," harapnya.

Ditegaskan, hewan kurban yang di potong pada momen Idul Adha ini merupakan hewan pilihan, dimna panitia kurban cukup lihai dalam memilih sapi yang pantas di kurban.

" Alhdulillah semua sapi yang di kurban di Masjid Jami' ini merupakan hewan pilihan, steril dari penyakit dan sudah di jamin kesehatannya. Dan dagingnya terlihat segar," ujarnya pada media ini.

Adapaun pembagian daging kurban tersebut menyasar ke Seribu Dua Ratus Kepala Keluarga (1.200 KK) yang  notabenenya warga yang ada di Dusun Dasan Baru. Hingga masing-masing penerima manfaat tersebut juga mendapatkan 2 kilo geram.

"Semoga ibadah Kurban ini di terima oleh Allah dan bagi yang berkurban senantiasa di berikan limpahan Rizqi," tutup Kades yang juga panitia kurban itu. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia