Breaking News
Live
wb_sunny

Ketua Pengprov Percasi NTB SYAMSUL LUTHFI Resmi Buka Kejuaraan Provinsi Catur ke-21

Ketua Pengprov Percasi NTB SYAMSUL LUTHFI Resmi Buka Kejuaraan Provinsi Catur ke-21

Ketua Umum Pengprov Percasi NTB, H.M. Syamsul Luthfi, S.E.M.S i.

LOMBOKTIMUR,Bumigoramedia.com- Kejuaraan Provinsi Catur ke-21 tahun 2022 Resmi di buka oleh Ketua Pengprov Percasi NTB Priode 2021-2025, HM Syamsul Luthfi, S.E M.S.i pada Kamis, (26/05/2022) yang bertempat di Gedung M.Ts Negeri Selong, Kecamatan Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur.

Percasi NTB akan berupaya keras untuk melakukan pembinaan yang berjenjang, baik di tingkat sekolah maupun di kelas-kelas junior untuk mempersiapkan bibit unggul di masa yang akan datang.

"Kita akan berupaya untuk memasarkan olahraga catur, terutama di sekolah-sekolah. Tidak hanya di kabupaten lombok timur, melainkan di seluruh kabupaten kota di NTB," tegasnya.

Dengan cara itu ia berharap bisa meningkatkan minat dan semangat para generasi muda untuk gemar dengan olahraga catur. Karena kita ketahui bahwa Olahraga catur ini cukup banyak memperebutkan medali emas di dalam setiap penyelenggaraan PON.

"kalau pengurus KONI NTB mau serius untuk memikirkan target pencapaian maksimal di masa yang akan datang, maka cabor-cabor ini bisa diprioritaskan untuk merebut medali emas," ujarnya.

Legislator Partai NasDem itu lebih jauh menyampaikan, biasanya daerah yang masuk lima besar saat ini adalah daerah-daerah yang banyak memperhatikan cabor-cabor yang banyak memperebutkan medali emas. Contohnya atletik dan menembak, tanpa mengesampingkan cabor-cabor lainnya yang lebih sedikit memperebutkan medali emas.

Hal ini mungkin harus menjadi pemikiran kita semua, terutama para pengurus KONI dan pengurus Cabor-cabor di Provinsi NTB untuk memikirkan desain besar olahraga daerah. Desain besar olahraga nasional yang sudah dibuat oleh pemerintah harus menjadi pemicu bagi kita untuk membuat desain olahraga daerah.

Apalgi pada Februari lalu uu olahraga kita sudah disahkan, di sana banyak hal baru yang menajdi perhatian pemerintah termasuk terhadap masa depan atlet itu sendiri dan juga bagaimana bentuk pembinaan olahraga yang harus dilakukan.

"Ke depan kita ingin desain olahraga daerah di NTB ini harus disesuaikan dengan kebutuhan desain besar olahraga nasional. Karena 2045 nanti kita ingin menjadi 10 besar di Olimpiade dari sekarang dipikirkan supaya bisa menjadi bagian yang tidak terpisahkan menjadi bagian dari upaya meningkatkan desain besar nasional,"pungkas Peria yang karib di sapa HMSL.

Ditempat yang sama, Lalu Kariawan selaku Ketua panitia kejuaraan Catur di sela-sela pembukaan acara tersebut mengatakan, sebagai ketentuan umum dalam pertandingan catur tersebut, adanya nomor peserta untuk mengikuti pertandingan dan batasan usia.

"Tentu setiap peserta diberikan nomor dalam mengikuti pertandingan ini. Selain diberikan nomor, usia juga tidak dibatasi atau Tampa batasan usia," ujar....

Ia lebih jauh mencontohkan pula nomor pertandingan dan batasan usia pemain tersebut :
1. Kelompok Terbuka
: Tanpa batasan usia
2. Kelompok Wanita
: Tanpa batasan usia
3. Junior A Putra/Putri : Umur 19 tahun kelahiran 1 Januari 2003 dan sesudahnya.
4. Junior B Putra/Putri : Umur 17 tahun kelahiran 1 Januari 2005 dan sesudahnya.
5. Junior C Putra/Putri : Umur 15 tahun kelahiran 1 Januari 2007 dan sesudahnya.
6. Junior D Putra/Putri : Umur 13 tahun kelahiran 1 Januari 2009 dan sesudahnya.

Lanjut dia, Peraturan permainan yang digunakan dalam kejuaraan itu yakni Peraturan Permainan FIDE terbaru untuk Catur standar yang telah disesuaikan oleh PB PERCASI yang mulai berlaku per 1 Januari 2018.

"Batas WO adalah 60 menit. Dan Peraturan lain tentu ditentukan pada saat Technical Meeting," ungkapnya.

Selain itu dalam Catur standar ini memiliki Kontrol Waktu (KW) untuk menentukan batasan waktu para pencatut pada saat berlaga. Catur Standar 90 menit dan Increment 30 detik dimulai dari langkah pertama.

Tak luput pula dari sistem dalam Pertandingan teesebut, dimna untuk Kelompok Terbuka panitia menerapkan Sistem Swiss 9 (sembilan) babak. tentu semua Kelompok Lainnya juga menggunakan sistem Swiss 9 (sembilan) babak atau menyesuaikan dengan jumlah peserta.

"Untuk penentuan juara nanti tentu kita akan lihat dari jumlah poin para pemain. Jumlah Poin tertinggi, Direct Encounter,Bucholzs (BH), Sunneborn Barger (BH), dan Progressive Score (PS). Sedangkan Penentuan Juara Umum nantinya berdasarkan perolehan jumlah Medali, paparnya.

"Semoga Kejuaraan ini berjalan dengan lancar dan tidak terkendala dengan suatu apapun," harapnya. (BM)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler