Breaking News

Taufan Rahmadi : Even Motocross di Semota Bakal Banyak Datangkan Investasi

Motocross adalah bentuk perlombaan atau kejuaraan balap motor yang digelar di sirkuit tanah. Olahraga ini pun berevolusi dari kompetisi uji coba sepeda motor di Inggris. Nama motocross diambil dari penggabungan kata yang berasal dari Prancis untuk motorcycle, motocyclette, atau singkatnya moto, dan cross country, atau lintas alam.

Pengamat Pariwisata, Taufan Rahmadi.

LOMBOKTIMUR,Bumigiramedia.com - Untuk itu, NTB kembali menggelar balap motor berskala Internasional.
Setelah sebelumnya kita ketahui event MotoGP Mandalika sukses digelar.

Kali ini, Pengamat pariwisata Nasional yang dalam hal ini Taufan Rahmadi, menilai bahwa dengan akan digelar balap motor Motocross grand prix atau MXGP di kawasan Samota, Kabupaten Sumbawa pada 24-26 Juni mendatang, bakal banyak mendatangkan investasi masuk ke Nusa Tenggara Barat, khusunya di daerah Lombok Timur.

"Jika MXGP ini sukses digelar nantinya, maka akan menjadi trend center untuk mendatangkan investasi ke Pulau Sumbawa, dan sudah barang tentu pula Lotim akan menuai untung yang cukup memuaskan, pasalnya antara pualu sumbawa dan Lombok ada titik temu," uajar Taufan Rahmadi, Senin, (18/4/2022).

Menurut Taufan Rahmadi,  pariwisata juga tentu tidak terlepas dari nilai-nilai investasi. Bahkan disebutkan, akomodasi dan infrastruktur menjadi salah satu sektor yang banyak berpotensi mendatangkan investor, terlebih di Kawasan Pulau Sumbawa dan Lombok Timur yang menjadi penghubung. Sebab lanjut dia, investasi itu sangat luas, termasuk bisa investasi akomodasi, investasi infrastruktur jalan dan seterusnya.

Kata dia, Selain bisa mendatangkan investor, menurutnya setiap kali event Internasional digelar, tentu berdampak pada perekonomian masyarakat. Paling tidak jalur distribusinya terdampak ketika mobilisasi dari semua perlengkapan dan antribut event tersebut lancar dan  terkendali.

Tak hanya itu kata Taufan Rahmadi, hal ini juga akan berdampak pada cos,  sementara nilai cos jika bersinergi dengan masyarakat lokal atau pelaku bisnis lokal akan memberikan value tersendiri bagi masyarakat maupun pengusaha yang ada.

" Oleh karena itu, agar MXGP terselenggara dengan baik dan sukses, maka harus disokong juga dengan sarana pendukung lainnya, terutama dalam akses menuju ke perhelatan tersebut. Baik itu akses darat, laut, hingga udara harus terpenuhi dengan se - cukup-cukupnya guna kepuasan dan kenyamanan masyarakat yang menonton atau mengikuti even motocross mendatang.

"Akomodasi juga jangan di lupakan, harus di persiapkan sedini mungkin dengan konsep yang jitu. Ada juga diantara sarana yang harus di perhatikan yakni pelabuhan kayangn. Nah, dalam hal ini tentu pemerintah harus sigap memaksimalkan event ini, karna dampaknya bukan hanya bagi pemerintah saja tetapi masyarakat di sekitar itu sendiri," terangnya.

Ia mengambil contoh pembelajaran dari pegelaran MotoGP yang lalu dimana Mandalika tentu melakukan banyak persiapan, karena mustahak (penting) adalah mendatangkan wisatawan-wisatawan yang datang berkunjung menyaksikan, termasuk juga para pembalap (Rider) dapat di pastikan kenyamanannya.

Samota dalam MXGP kedepan merupakan event yang memiliki icon yang diharapkan mampu menjadi kelanjutan dari suksesnya gelaran MotoGP Mandalika Lombok tengah itu.

Sementara itu, dari segi lokasi,yakni Pulau Sumbawa, event MXGP Samota 8dinilai sebagai penyeimbang dalam higtlite dari kegiatan event dunia yang diselenggaran di NTB. Sebab sebelumnya seris MotoGP Mandalika diadakan di Pulau Lombok.

"Ya, sudah barang tentu, Bagaimana NTB yang terdiri dari dua pulau besar itu bisa berimbang dalam higtlite dari kegiatan event olahraga dunia," cetusnya.

Ia menambahkan, penpentingnya terkait posnacer, seperti fasilitas kesehatan untuk dipersiapkan. Sehingga apabila terjadi hal-hala yang tidak diinginkan kita sudah siap pada tindakan perventifnya. Kendati demikian MXGP bukan hanya milik Pulau Sumbawa tetapi juga NTB.

" Sekarang yang paling penting dari sisi branding pulau Sumbawa khusunya. Harus menjadi semakin terkenal dikancah event spot dunia," tandasnya.

Untuk itu diharapkan peran penting untuk semua stakeholder dalam berkoordinasi, agar managemen dari pada event  MXGP terselenggara dengan baik dan suskes kedepannya. Terlebih saat ini, event kelas dunia, sudah waktunya kita lihat MXGP Samita ini untuk disukseskan, dan yang paling itu sekali jangan sampai terjadi kekurangan-kekurangan seperti MotoGP Mandalika waktu lalu. (BM)

0 Komentar

© Copyright 2022 - BumigoraMedia