Breaking News
Live
wb_sunny

Wisata Sembalun, BKPH Bersama Forkopimcam Tanam Pohon Sepanjang Jalan

Wisata Sembalun, BKPH Bersama Forkopimcam Tanam Pohon Sepanjang Jalan

                     FOTO: Istimewa.

LOMBOK TIMUR, Bumigoramedia.com -  Penanaman pohon sepanjang jalan wisata Sembalun. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Rinjani Timur bersama Porkooimcam Kecamatan Sembalun Lombok Timur, pada Jumat, (28/01/2022).

Melalui Kepala Seksi (KASI) perlindungan dan konservasi sumber daya alam dan ekosistem BKPH Rinjani Timur, Lalu Iskandar, menerangkan bahwa kegiatan penanaman pohon ini merupakan perintah Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas lingkungan hidup Provinsi untuk melakukan penghijauan sepanjang jalan nasional, termasuk di Kecamatan Sembalun.

"Kegiatan ini perintah dari Gubernur NTB melalui Dinas Lingkungan Hidup Provinsi untuk melakukan Penghijauan di sepanjang jalan Nasional,"ucap Lalu Iskandar. 
Dijelaskannya bahwa, ada empat jenis bibit yang di sediakan yaitu, kayu jati, beringin, nangka dan sawo. Berjumlah Sekitaran 2.100 bibit yang sediakan. 

Bibit tersebut di tanaman pada eman Desa di sepanjang jalan Nasional Kecamatan Sembalun. Mulai dari Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalaun Lawang, Desa Sembalun Timba Gading, Desa Sembalun, Desa Sajang dan Desa Bilok Petung. 

Dengan ribuan bibit tersebut masih ada masyarakat belum kedapatan. Kedepan, akan di usulkan lebih banyak lagi.

"Insaallah kedepan kami akan upayakan di tambah jumlah bibitnya,"ujarnya. 

Lebih lanjut, dirinya mendapatkan Informasi, bahwa masyarakat membutuhkan bibit jenis buah. Dengan itu,ia berharap masyarakat mengusulkan bibit buah apa saja di butuhkan ke BKPH Rinjani Timur. 

"Silahkan masyarakat usulkan ke kami, bibit buah apa yang ingin di tanaman. Insaallah kami usahakan untuk di adakan,"imbuhnya. 

Di tempat yang sama, Camat Sembalun, Serkapudin, sangat mengapresiasi kepedulian berbagai pihak atas kegiatan penghijauan tersebut. 

"Hari ini kita melaksanakan penghijauan bersama Forkopimcam dan BKPH Rinjani Timur alhamdulillah bisa berjalan lancar,"ucap Serkapudin. 

Selanjutnya, ia berkeinginan ingin mengembalikan Kecamatan Sembalun itu menjadi daerah yang lebih sejuk,asri dan menjadi destinasi wisata hijau. Lebih lebih Saat ini, beredar isu pemanasan global.

"Dengan adanya pohon di tanam pinggir jalan ini, dalam kurun waktu 2 sampai 3 tahun akan terlihat wajah baru di sepanjang jalan nasional Kecamatan Sembalun ini,"tandasnya.

Lebih lanjut, sebelum penanaman bibit pohon di pinggir jalan tersebut, tidak lama ini pernah dilakukan penanaman bibit di lahan kosong dan hutan atas inisisasi beberapa Desa di Kecamatan Sembalun. 

Dijelaskan Serkapudin bahwa, saat ini Sembalun kekurangan mata air. Atas dasar itu di lakukannya penghijauan. 

"Penanaman bibit pohon ini salah satu strategis kita untuk mengantisipasi kekurangan air,"ujarnya. 

Dengan demikian, dirinya berencana akan merutinkan kegiatan penghijauan ini setiap tahun. Bahkan menambah jumlah kebutuhan bibit dan jenisnya di tahun akan datang. ( BM )

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler