Breaking News
Live
wb_sunny

DPR RI Dari Partai NASDEM Serahkan Bantuan Alsintan Pada 3 Kelompok Tani

DPR RI Dari Partai NASDEM Serahkan Bantuan Alsintan Pada 3 Kelompok Tani


BumiGoraMedia Lotim - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) HM Syamsul Luthfi S.E. M. Si, dari Partai Nasdem menyerahkan bantuan Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN) pra panen berupa 3 buah traktor roda dua dengan dilengkapi alat penjalak lainnya.

       Foto bersama saat penyerahan Alsintan  Kepada Ketua Kelompok Tani. 


penyerahan bantuan tersebut diwakili oleh Staf Ahli H.M. Syamsulluthfi,S.E, M.Si yakni Anwar, kepada kelompok tani di halaman rumahnya Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jum'at (25/12/2020, juga didampingi staf ahli lainnya.

Anwar menjelaskan, bantuan ini diberikan kepada 3 kelompok tani yang sebelumnya melakukan permohonan melalui tenaga ahli Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sehingga hari ini bisa di serahkan kemasing masing ketua yang mewakili kelompoknya.

"Kelompok tani yang menerima bantuan tersebut berasal dari Kecamatan Suralaga, peringga baya, dan kecamatan Sembalun, dipergunakan sebagaimana mestinya untuk mempermudah masyarakat tani bercocok tanam seperti menjalak sawah sebelum menanam padi," ujar Anwar.

Anwar lebih lanjut, dengan upaya bantuan Alsintan yang disalurkan kepada kelompok tani di beberapa kecamatan itu bisa bermanfaat bagi para petani. Kemudian mampu mendapatkan hasil yang melimpah dan petani bisa semakin produktif.

Ia menjelaskan, secara umum Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu lumbung pangan dengan kualitas hasil panen yang bagus. Sehingga dengan bantuan traktor ini diharapkan mampu menunjang para petani untuk mencapai hasil panen yang optimal. 

Selain itu, dengan adanya dukungan Alsintan ini petani juga bisa meningkatkan transfer teknologi dalam peningkatan intensitas pertanaman.

"Yang paling penting bantuan alsintan ini tidak disalah fungsikan untuk pribadi atau perorangan saja, karena ini adalah untuk kelompok," tandasnya.

Ia menegaskan, siapapun boleh mengunakannya untuk membajak lahan persawahan, asal sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam hal ini, pihak kelompok tani sendiri yang mengatur, bagaimana prosedur dalam meminjam Alsintan ini.

Senada dengan itu salah satu dari ketua kelompok tani dengan nama, kelompok tani Subak Ampan dua yang menerima manfaat Alsintan dari Aspirasi DPR-RI yakni H. Wildan mengungkapkan, dengan bantuan Alsintan ini insya Allah bisa menunjang dan memaksimalkan hasil pertanian melalui kelompok tani sendiri.

"Lahan pertanian di Lotim ini sangat produktif, sehingga bantuan ini sangat tepat bagi para petani. Semoga hasil panen petani sangat melimpah, baik padi, jagung, sayur-sayuran, kacang tanah maupun hasil panen lainnya," bebernya.

Terkait bantuan itu, para kelompok tani merasa senang dan bersyukur mendapatkan bantuan tersebut, karena traktor itu akan digunakan para petani di wilayahnya masing-masing.

"Alhamdulillah dapat bantuan ini, ya semoga memberikan manfaat untuk kelompok dan petani yang lain," ungkap salah satu kelompok tani asal Kecamatan Suralaga yakni H. Wildan di sela sela penyerahan Alsintan itu. (Man)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Tag Terpopuler